Tumbuhan pelik yang berusia lebih 2000 tahun !!!

Ada sesuatu yang hijau dan terlihat asing, tumbuh di Amerika Selatan. Pada pandangan pertama orang mungkin akan berpikir bahawa sesuatu itu adalah spesies makhluk luar angkasa. Namun seasing apapun sesuatu ini terlihat, sel sel hijau ini asli berasal dari bumi. dan dinamakan YARETA.


Juga dikenal sebagai Llareta dalam bahasa Spanyol, tumbuhan ini hanya ditemukan di beberapa negara - Chile, Argentina, Peru dan Bolivia dan tumbuh pada ketinggian antara 3200 sampai 4500 meter - di bawah ketinggian tersebut dan di tempat-tempat selain 4 negara amerika latin tersebut, tanaman ini tidak pernah ditemukan. Tumbuhan ini terlihat besar, namun pada kenyataannya merupakan koloni ribuan individu tanaman kecil yang memiliki bunga termasuk dalam family Apiaceae, secara rasmi diklasifikasikan sebagai Azorella Compacta.

Ada satu hal aneh lainnya tentang Yareta. Mereka sangatlah kuno atau sangat tua. Banyak koloni yareta diperkirakan berumur lebih dari 3000 tahun, yang berarti mereka mulai tumbuh sebelum sejarah manusia yang tercatat berawal.

Namun mengapa tumbuhan ini tampak begitu asing, seperti jamur hijau yang mengalir di atas tanah? Hal ini disebabkan karena lingkungan di mana ia tumbuh. Tumbuhan ini sangat rapat sehingga akan kehilangan panas sesedikit mungkin di malam hari yang sangat dingin pada ketinggian ini. Selain itu, tumbuhan ini tumbuh sedekat mungkin dengan tanah karena suhu tanah dua derajat lebih tinggi dari suhu rata-rata udara disana.

Tumbuhan yareta ini tumbuh begitu rapat dan kuat sehingga penduduk lokal yang akan mengambilnya untuk keperluan bahan bakar seperti memasak, harus menggunakan beliung untuk mengambil tumbuhan ini dari tempatnya. Jeroan atau bagian dalam yareta yang sangat rapat dan gelap kehitaman dapat digunakan untuk membuat resin yang mudah terbakar. Serta digunakan untuk memasak, juga biasa digunakan untuk membantu membuat/menyalakan api. Setidaknya itulah kegunaannya yang diketahui sampai saat ini.

Jumlah yareta yang diambil untuk keperluan manusia begitu banyak dan hal ini membuat para ahli ekologi khawatir tumbuhan ini akan mendekati kepunahan. Jadi, empat negara di mana yareta tumbuh sekarang telah melarang penggunaan yareta - dan diharapkan yareta akan, dari waktu ke waktu menjadi banyak lagi seperti cakupan semula. Waktu dan kesendirianlah yang menjadi teman-teman yareta sebenarnya.

Yareta tetap berdaun sepanjang tahun dan merupakan perennial evergreen dan bunganya, ketika mereka muncul, adalah merah muda atau berwarna lavender. Bunga-bunga ini hermaprodit artinya memiliki kedua elemen jantan dan betina.

Sebagai tumbuhan asli padang rumput Puna Andes, tumbuhan yareta haruslah tangguh, tetapi jika Anda masih memiliki keraguan tentang kebenaran bahwa yareta berasal dari bumi, jangan khawatirkan tentang invasi Yarata ke halaman belakang rumah anda. Tingkat pertumbuhan yareta telah diperkirakan maksimum sekitar 2 cm per tahun. Ditambah lagi yareta tidak bisa tumbuh di dataran rendah apalagi berkembang.

Meskipun yareta tidak digunakan untuk membuat ubat-ubatan sintetis dalam industri ubat, namun penyelidikan sedang dilakukan untuk kualiti ubat dari tumbuhan ini. 






No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Categories

Gambar Lawak (835) Gambar Menarik (365) agama (269) Kisah Kelakar (245) ceritera hidup sang kumbang jingga (242) Berita (223) Info Berguna (74) Fakta Menarik (71) Dialog Kelakar (59) video kelakar (54) Politik (47) Ragam Manusia (35) Artis (29) Bola (23) Kisah Seram (23) Misteri (23) Kesihatan (22) Blogger (17) Science and Technology (17) Tips (17) perkahwinan (15) Flora (14) Kereta (14) Kewangan (14) video menarik (13) Fauna (11) Sejarah (11) korea (10) Wayang (9) Blogger Tutorial (7) Filem Review (7) Blogger Tips (6) Cerpen (6) Dialog Seram (6) Drama (6) Dunia (6) My Original Puisi (6) Pelik (6) bahasa arab (6) kreatif (6) Download (5) Macam-macam (5) Petua (5) resepi (5) sukan (5) Review Blogs (4) DIY (3) Food Review (3) IQ Test (3) Inspirasi (3) Malaysia (3) Seram (3) Wordless Wednesday (3) belajar bahasa korea (3) drama melayu (3) lawak raya (3) Badminton (2) Drama review (2) E-kad (2) Hiasan Rumah (2) Lawak Kampus (2) Logo (2) bahasa jepun (2) cinta (2) kad raya (2) kisah sedih (2) novel (2) product review (2) AES (1) Bahasa Ganu (1) Contest Dan Segmen (1) Fashion (1) Gitar Chord (1) Hadif (1) Kartun Lawak (1) Lirik Lagu (1) Nuffnang (1) Pelancongan (1) Pengalaman (1) Pesuruh jaya sumpah (1) Quiz (1) Review (1) SMS (1) Taman (1) UAI (1) Youtube (1) adam dan hawa (1) bahasa Thailand (1) bahasa penang hokkien (1) bayi (1) gadget (1) giveway (1) herba traditional (1) jdrama (1) jepun (1) kartun raya (1) keyword menarik (1) koleksi sms raya (1) lelaki (1) math (1) pacat (1) raya (1) segmen (1) sms raya (1) teknologi (1)